Skip to main content

Sosialisasi Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif (NAPZA)


Sosialisasi Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif (NAPZA)


Semakin maraknya penyalahgunaan Narkoba dan sejenisnya maka mahasiswa yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Trunojoyo Madura kelompok 56 yang berlokasi di Desa Arosbaya Kecamatan Arosbaya melakukan sosialisasi pencegahan penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif (NAPZA) pada hari senin (14/01) di SMK Al-Muhajirin. Sosialisasi ini dilakukan dengan bekerjasama dengan pihak Komando Distrik Militer (Koramil) Kecamatan Arosbaya sebagai pemateri. 
Tujuan:
            Tujuan diadakannya program kerja ini dikarenakan semakin maraknya penyalahgunaan narkoba akhir-akhir ini oleh sebab mahasiswa KKN berinisiatif untuk mengadakan sosialisasi NAPZA dengan harapan meminimalisir penggunaan narkoba khususnya di kalangan anak muda. Selain memberikan kesadaran dan pemahaman tentang narkoba juga diharapkan dapat melakukan pencegahan sejak dini. Program kerja ini juga diharapkan dapat menurunkan tingkat kriminalitas terutaman kasus pembegalan sepeda motor. sebab, pecandu narkoba selalu nekat dan bisa melakukan apasaja demi mendapatkan barang haram tersebut. Oleh sebab itu pemberian pemahaman tentang narkoba perlu dilakukan sejak dini sebab usia remaja selalu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan selalu ingin mencoba.
Manfaat:
            Manfaat dari kegiatan ini ialah guna menyadarkan siswa-siswa akan bahaya dampak buruk dari penyalahgunaan narkoba. Kegiatan ini dapat meminimalisir penggunaan narkoba dikalangan siswa. Selain itu juga dapat menurunkan tingkat kriminalitas terutaman kasus pembegalan sepeda motor yang sedang marak akhir-akhir ini. sebab, pecandu narkoba selalu nekat dan bisa melakukan apasaja demi mendapatkan barang haram tersebut. Sosialisasi ini dapat mencegah siswa untuk mencoba-coba barang haram tersebut.
Waktu dan Tempat:
            Waktu:            Hari/Tanggal: Senin/14-01-2019.
                                    Jam: 09:00-Selesai
            Temapat:         Aula SMK Al-Muhajirin
Sasaran
            Sasaran kegiatan ini ialah siswa kelas akhir SMK Al-Muhajirin. Pemilihan sasaran ini beralasan karena siswa kelas akhir yang sebentar lagi menjadi masyarakat. Pemilihan sekolah swasta ini dikarenakan  sekolah negri biasanya sudah sering ada acara sejenis ini. Audiens hanya dari kelas akhir sebab tidak memungkinkan jika melibatkan semua siswa dari kelas satu sampai kelas tiga selain tidak efektif juga keterbatasan tempat.
Metode Pelaksanaan
            Metode yang dipakai dalam kegiatan ini ialah formal dengan kemasan acara seperti seminar dimana ada moderator dan juga pemateri. Pemateri merupakan Komandan Koramil  Kecamatan Arosbaya. Penyampaian materi sengaja tidak menggunakan Power Point (PPT) dikarenakan pemateri tidak ingin berbahasa baku seperti yang ada di slide. Kegitan ini melibatkan peserta untuk aktif dan interaksi langsung dengan pemateri untuk bertanya tentang Narkoba.
Kendala
            Kendala yang dihadapi panitia ialah saat program kerja ini dilaksanakan ialah kurang siapnya panitia dalam menyiapkan dan mengkonsep acara dikarenakan sejak tiga hari sebelumnya sudah ada kegiatan yang berturut-turut. Malam sebelum acara dimulai masih ada program kerja dengan ibu pengolah ikan di Dsn.Lebak.
Solusi
            Solusi dari kendala diatas ialah dengan cara mengadakan breafing panitia terlebih dahulu, breafing ini dilakukan sesaat seblum acara dimulai. Dengan breafing acara dan juga penemptan panitia yang tidak bertugas dapat diatur dengan baik.
Struktur Kegiatan
Penanggung Jawab:          Suhardi
Sie Acara:                         Imam Jazuli, Zehroh Humairo
Sie PDD:                           Ach. Khazinudin, Kumayyah
Sie Konsumsi:                   Rischa Chandra Utami, Faridatul Alifah, Imaniyah
Sie  Perlengkapan:            Siti Sufiya, Barry Irwando, Shofi, Fitri Kurnia, Nurul Fajariyah, Liva Risna.

Comments

Popular posts from this blog

PEMBUKAAN KKN 56 UTM

PEMBUKAAN KKN 56 UTM 
Kelompok 56 UTM tahun ajaran 2018/2019 melakukan pembukaan dibalai desa Arosbaya pada hari Rabu, tanggal 02 Januari 2018 di damping oleh perangkat desa beserta masyarakat desa sebagai perwakilan dari setiap dusun. Rentetan acara dalam pembukaan adalah 1.Pembukaan 2.Pembacaan ayat suci al qur’an 3.Menyanyikan lagu Indonesia raya 4.Sambutan-sambutan 5.Pemotogan tumpeng sebagai bukti diterimanya kkn 56 utm di arosbaya 6.Penutupan 7.Doa 

Malam Penutupan KKN 56 UTM

Mahasiswa KKN kelompok 56 Universitas Trunojoyo Madura selama satu bulan melakukan pengabdian,pembelajaran dan perjalanan, beragam momen selama KKN menjadi kenangan tersendiri bagi mahasiswa dan masyarakat salah satunya adalah acara malam penutupan KKN. 
Susunan acara adalah pembukaan, pembacaan ayat suci al qur'an, diba'an, di susul dengan sambutan sambutan, dan satu acara inti yaitu wisuda para tahfidz. setelah itu pemberian cendera mata kepada masyarakat arosbaya, banjari, dan penutupan. 

P

Pameran Online Produk Unggulan KKN 56 UTM 

Petis merupakan makan khas yang sudah sangat dikenal di Madura, petis merupakan makanan olahan yang terbuat dari sari ikan segar tongkol, pindang, udang dan kepiting/ rajungan. Setiap daerah memiliki ciri khusus akan rasa petisnya, ada yang berasa manis dan asin, teksturnyapun beragam dari yang padat hingga encer. Desa arosbaya merupakan salah satu desa yang berada di Kabupaten Bangkalan, desa ini memproduksi dua jenis petis yaitu petis padat dan encer. Seiring dengan berjalannya waktu kebutuhan masyarakat terhadap petispun beragam, beberapa masyarakat menginginkan petis praktis sehingga mempermudah mereka yang ingin mengkonsumsi petis hanya dengan sekali “Krek” membuka tutup petis mereka sudah bisa langsung menikmatinya tanpa mengulek dan menambahkannya dengan cabe dan bumbu lainnya. Disinilah kami menjawab keingin masyarakat tersebut, kami kelompok KKN 56 memberikan pelatihan kepada masyarakat pengusaha petis untuk mengolah petis menjadi pet…