Skip to main content

Demografi


A.       Jumlah Penduduk

Jumlah penduduk Kecamatan Arosbaya Tahun 2017 sebanyak 58.404 jiwa terdiri dari laki-laki 29.459 jiwa dan perempuan 28.945 jiwa. Sex ratio sebesar 101,78 persen, yang berarti penduduk laki-laki lebih banyak dibanding penduduk perempuan atau dengan kata lain setiap 100 orang penduduk perempuan berbanding dengan sekitar 117 orang penduduk laki-laki.
Terkait dengan luas wilayah, kepadatan penduduk tertinggi atau terpadat berada di Desa Tambegan rata-rata 5019 jiwa/Km2, sedangkan terendah di Desa Makam Agung rata-rata 512 jiwa/ Km2.
 

No
Uraian
Keterangan
1.
Laki-laki
29.459  Orang
2.
Perempuan
28.945  Orang


 Sedangakan pertumbuhan penduduk di Desa Arosbaya tahun sebelumnya kurang lebih 58.504 Orang. Dengan jumlah penduduk yang tidak sedikit tersebut, Desa Arosbaya cukup mempengaruhi kesejahteraan sosial.

B.       Pekerjaan
Pada umumnya stuktur mata pencaharian yang dominan masyarakat di Desa Arosbaya meliputi 2 sektor yaitu sektor jasa/ perpedangan dan sektor pertanian yang diuraikan sebagai berikut:
No
Keterangan
Jumlah
1.
Sektor Pertanian
2.855  Orang
2.
Sektor jasa/ perdagangan
3.757  Orang

Status mata pencaharian penduduk di bidang jasa / perdagangan dapat diuraikan sebagai berikut:

NO
STATUS
JUMLAH ORANG
PEMILIK
PEKERJA
1.
Jasa Pemerintahan/Non Pemerintahan


          
Pegawai Desa
10

         
Pegawai Negeri Sipil (PNS)



1). Pegawai Kelurahan



2). PNS
583


3). ABRI
7


4). Guru
68


5). Dokter
3


6). Bidan
27


7). dll


2.
Jasa Perdagangan :


          
Pasar Desa/ Kelurahan
1

        
Warung
57

          
Kios
-

         
Toko
109

          
Dll



Comments

Popular posts from this blog

PEMBUKAAN KKN 56 UTM

PEMBUKAAN KKN 56 UTM 
Kelompok 56 UTM tahun ajaran 2018/2019 melakukan pembukaan dibalai desa Arosbaya pada hari Rabu, tanggal 02 Januari 2018 di damping oleh perangkat desa beserta masyarakat desa sebagai perwakilan dari setiap dusun. Rentetan acara dalam pembukaan adalah 1.Pembukaan 2.Pembacaan ayat suci al qur’an 3.Menyanyikan lagu Indonesia raya 4.Sambutan-sambutan 5.Pemotogan tumpeng sebagai bukti diterimanya kkn 56 utm di arosbaya 6.Penutupan 7.Doa 

Malam Penutupan KKN 56 UTM

Mahasiswa KKN kelompok 56 Universitas Trunojoyo Madura selama satu bulan melakukan pengabdian,pembelajaran dan perjalanan, beragam momen selama KKN menjadi kenangan tersendiri bagi mahasiswa dan masyarakat salah satunya adalah acara malam penutupan KKN. 
Susunan acara adalah pembukaan, pembacaan ayat suci al qur'an, diba'an, di susul dengan sambutan sambutan, dan satu acara inti yaitu wisuda para tahfidz. setelah itu pemberian cendera mata kepada masyarakat arosbaya, banjari, dan penutupan. 

P

Pameran Online Produk Unggulan KKN 56 UTM 

Petis merupakan makan khas yang sudah sangat dikenal di Madura, petis merupakan makanan olahan yang terbuat dari sari ikan segar tongkol, pindang, udang dan kepiting/ rajungan. Setiap daerah memiliki ciri khusus akan rasa petisnya, ada yang berasa manis dan asin, teksturnyapun beragam dari yang padat hingga encer. Desa arosbaya merupakan salah satu desa yang berada di Kabupaten Bangkalan, desa ini memproduksi dua jenis petis yaitu petis padat dan encer. Seiring dengan berjalannya waktu kebutuhan masyarakat terhadap petispun beragam, beberapa masyarakat menginginkan petis praktis sehingga mempermudah mereka yang ingin mengkonsumsi petis hanya dengan sekali “Krek” membuka tutup petis mereka sudah bisa langsung menikmatinya tanpa mengulek dan menambahkannya dengan cabe dan bumbu lainnya. Disinilah kami menjawab keingin masyarakat tersebut, kami kelompok KKN 56 memberikan pelatihan kepada masyarakat pengusaha petis untuk mengolah petis menjadi pet…