Skip to main content

Proker Kreativitas


PROKER KREATIVITAS

Menggunakan barang bekas dan menjadikan kerajinan membutuhkan tingkat kreativitas yang tinggi. Dengan mengubah sesuatu yang tidak bernilai menjadi sesuatu yang menarik dan memiliki nilai, maka membutuhkan tingkat kreativitas yang tinggi. Orang yang memiliki daya kreativitas tinggi, akan mengolah barang bekas tersebut menjadi barang yang berguna.
Kegiatan ini dilakukan di Desa Arosbaya pada tanggal 12 Januari 2019 yang bertempat di Balai Desa Arosbaya dengan target sasarannya adalah ibu-ibu PKK yang mayoritas mereka ibu-ibu rumah tangga yang pekerjaannya hanya mengerjakan pekerjaan rumah saja, maka dari itu kami mengumpulkan ibu-ibu PKK dan memberikan sedikit pengetahuan kami kepada mereka sehingga mereka dapat menerapkannya di waktu senggang mereka dan kerajinan yang mereka hasilkan bisa menambah penghasilan mereka dengan hasil kerajinan yang mereka buat.
Proker ini mengambil tema tentang “KERAJINAN TANGAN DARI BOTOL BEKAS”, kenapa botol bekas? Karena di desa Arosbaya sendiri banyak sekali botol-botol bekas yang di buang dan dibiarkan begitu saja. Ketika kita melewati sepanjang jalan  desa Arosbaya mulai dari jalan raya, jalan setapak bahkan di tiap rumah-rumah warga kita dapat menemui dan mendapatkan sampah-sampah botol dengan sangat mudah.
            Kerajinan yang kami berikan kepada mereka yaitu ada dua produk tempat pensil dan tempat make up. Dengan pembuatan yang gampang membuat ibu-ibu PKK sangat berantusias dalam kegiatan mendaur ulang botol bekas menjadi barang yang bernilai.
Bahan dan Langlah-langkah pembuatan tempat pensil dan tempat make up sebagai berikut:

Tempat pencil atau pencil case
1.      Bahan atau alat-alat pembuatan tempat pencil atau pencil case
ü  Botol aqua
ü  Resleting
ü  Gunting
ü  Lem
ü  flanel
ü  Lilin
2.      Langkah-langkah pembuatan tempat pensil atau pencil case
·         Pertama, Potong botol terlebih dahulu, ukuran pemotongan botol sesuai keinginan masing masing
·         Kedua, Siapkan resleting yang ukuran sesuai dengan lingkaran botol
·         Ketiga, Kemudian botol dan resleting ditempel menggunakan lem
·         Dan yang terakhir, kita bisa memberikan hiasan-hiasan pada tempat pensil yang sudah jadi tersebut.
Tempat make up
1.      Bahan atau alat-alat pembuatan tempat make up
ü  Botol aqua, botol yakult atau dll (6-8 botol)
ü  Gunting
ü  Lem
ü  Lilin
ü  Flanel

2.      langkah-langkah pembuatan tempat make up
·         pertama, potong botol terlebih dahulu, sesuai ukuran yang diinginkan
·         kedua, setelah botol dipotong, kita tempel atau kita jadikan satu semua botol tersebut menggunakan lem
·         dan yang terakhir, mungkin bisa kita hiasan sesuai keinginan masing-masing.

Tujuan
Tujuan diadakan kelas kreatifitas ini untuk menambah wawasan kreatifitas ibu-ibu di arosbaya dan meningkatkan perekonomian masyarakat di arosbaya.

Manfaat
Menguranggi sampah plastik yang ada di arosbaya.


Waktu & Tempat pelaksanaan
 Tanggal                   : 12 Januari 2019
Waktu                      :15.00 – selesai
Tempat                     : Di balai desa Arosbaya

Sasaran
Ibu-Ibu PKK
Kendala
Tidak semua peserta datang, peserta kurang kondusif,

Solusi
Meminimalkan pembagian kelompok, menggerakkan semua panitia umtuk dijadikan pendamping di setiap kelompok.


Metode pelaksanaan
Membentuk pembagian kelompok, setiap kelompok diberikan bahan untuk praktik. Pemberian reeward untuk 2 kelompok terbaik diakhir acara.

Comments

Popular posts from this blog

PEMBUKAAN KKN 56 UTM

PEMBUKAAN KKN 56 UTM 
Kelompok 56 UTM tahun ajaran 2018/2019 melakukan pembukaan dibalai desa Arosbaya pada hari Rabu, tanggal 02 Januari 2018 di damping oleh perangkat desa beserta masyarakat desa sebagai perwakilan dari setiap dusun. Rentetan acara dalam pembukaan adalah 1.Pembukaan 2.Pembacaan ayat suci al qur’an 3.Menyanyikan lagu Indonesia raya 4.Sambutan-sambutan 5.Pemotogan tumpeng sebagai bukti diterimanya kkn 56 utm di arosbaya 6.Penutupan 7.Doa 

Malam Penutupan KKN 56 UTM

Mahasiswa KKN kelompok 56 Universitas Trunojoyo Madura selama satu bulan melakukan pengabdian,pembelajaran dan perjalanan, beragam momen selama KKN menjadi kenangan tersendiri bagi mahasiswa dan masyarakat salah satunya adalah acara malam penutupan KKN. 
Susunan acara adalah pembukaan, pembacaan ayat suci al qur'an, diba'an, di susul dengan sambutan sambutan, dan satu acara inti yaitu wisuda para tahfidz. setelah itu pemberian cendera mata kepada masyarakat arosbaya, banjari, dan penutupan. 

P

Pameran Online Produk Unggulan KKN 56 UTM 

Petis merupakan makan khas yang sudah sangat dikenal di Madura, petis merupakan makanan olahan yang terbuat dari sari ikan segar tongkol, pindang, udang dan kepiting/ rajungan. Setiap daerah memiliki ciri khusus akan rasa petisnya, ada yang berasa manis dan asin, teksturnyapun beragam dari yang padat hingga encer. Desa arosbaya merupakan salah satu desa yang berada di Kabupaten Bangkalan, desa ini memproduksi dua jenis petis yaitu petis padat dan encer. Seiring dengan berjalannya waktu kebutuhan masyarakat terhadap petispun beragam, beberapa masyarakat menginginkan petis praktis sehingga mempermudah mereka yang ingin mengkonsumsi petis hanya dengan sekali “Krek” membuka tutup petis mereka sudah bisa langsung menikmatinya tanpa mengulek dan menambahkannya dengan cabe dan bumbu lainnya. Disinilah kami menjawab keingin masyarakat tersebut, kami kelompok KKN 56 memberikan pelatihan kepada masyarakat pengusaha petis untuk mengolah petis menjadi pet…