Skip to main content

PROGRAM TAMBAHAN

PROGRAM TAMBAHAN

A. Ziarah ke makam tokoh penting di  desa  Arosbaya

 Sebagai umat muslim ziarah  memiliki makna moral yg penting, Kadang-kadang ziarah dilakukan ke suatu tempat yang suci dan penting bagi keyakinan dan iman yang bersangkutan . Dalam program ini kelompok KKN 44 bersama masyrakat Arosbaya melakukan ziarah ke pasarean aer mata dan makam agung , selain itu dengan di lakukannya ziarah kita dapat berinteraksi dengan masyarakat .


B. Evakuasi potensi perikanan

Salah satu kegiatan masyarakat desa Arosbaya selain bertani , adalah melaut , Banyak masyarakat menjadikan laut sebagai sumber dari mata pencaharian . Pada program ini Kelompok KKN 44 mendapatkan kesempatan untuk melakukan evakuasi yaitu survey lokasi guna mengetahui potensi sumber daya kelautan yang ada di wilayah lautan yang ada di desa Arosbaya dengan tujuan optimalisasi produktivitas sumber daya perikanan.



C. Cat balai desa 

Dalam program kerja ini , kelompok KKN 44 mendapatkan kesempatan untuk memperindah kembali balai desa Arosbaya dengan cara mengecat dinding yang sudah usang dan membersihkan tanah lapang dari rerumputan liar . Adanya pengecatan ulang dengan tujuan memperindah kembali dapat memiliki manfaat yaitu lingkungan yang lebih sehat,segar dan nyaman untuk ditempati bekerja . Masyarakat pun juga nyaman untuk datang ke balai desa untuk melakukan urusan administrasi.



D. Studi Banding Mengenai Hydrophonic

     Atas permintaan Tokoh masyarakat Desa Arosbaya KKN 44 UTM 2019 melakukan pendampingan studi banding Mengenai Hidroponik ke Desa dupok kecamatan ko’op. kegiatan ini dikuti oleh anggota salah satu majelis ta’lim yang ada di Desa Arosbaya.  Dengan harapan dapat mengedukasi masyarakat mengenal dan mengetahui kelebihan hidroponik kemudian dapat masyarakat dapat berinovasi dan mengembangkan kreatifitas memanfaatkan hal hal disekitar untuk mengubah barang barang yang kurang bermanfaat menjadi barang yang bernilai ekonomis.
               Perlu diketahui hidroponik merupakan budidaya tanaman dengan memanfaatkan media tanpa tanah dalam halini menggunakan media air. Salah satu kelebihannya yaitu memerlukan lahan yang lebih sedikit disbanding cara bertanam konvensional, memerlukan air yng lebih sedikit dan lebih efisien dibanding menanam tanaman menggunakan media tanah. Pembuatan hidroponik ini bisa dilakukan dengan cara sederhana menggunakan botol bekas, pipa bekas dll memanfaatkan limbah sampah yang ada disekitar. Diharapkan masyarakat Desa Arosbaya dapat memanfaatkan Hal terebut.







E. Pembuatan Papan Nama Dusun

          Setelah kami melakukan observasi dengan keliling desa atas inisiatif  kelompok KKN 44 UTM 2019 di Desa Arosbaya kecamatan arosbaya, kami menemukan ada beberapa dusun di arosbaya yang belum mempunyai papan plang batas dusun atau nama dusun. Karena hal tersebut kami berfikir perlu mengadakan program kerja pengadaan papan nama dusun. Dengan tujuan mempermudah  orang untuk menemukan tempat / dusun yang mereka cari.
       Desa arosbaya  memiliki 11 Dusun. Diantaranya yaitu: Dsn. Baban, Lebak utara, Lebak Barat, Lebak Selatan, Lebak utara,bladanah, nganlaok, morlorong, pandiyan, ranggujang, demangan, bunalas. Beberapa dusun sudah memeiliki gapura /papan nama dusun, namun beberapa dusun masih belum memilikinya. Dengan adanya proker ini diharapkan pengunjung yang sedang mencari alamat di Desa Arosbaya akan mudah mencarinya. Kegiatan pengerjaan dilakukan pukul 16.00-17.30 setelah kelompok mengerjakan proker utama, Kegiatan ini memerlukan waktu pengerjaan  7 hari.





Comments

Popular posts from this blog

PEMBUKAAN KKN 56 UTM

PEMBUKAAN KKN 56 UTM 
Kelompok 56 UTM tahun ajaran 2018/2019 melakukan pembukaan dibalai desa Arosbaya pada hari Rabu, tanggal 02 Januari 2018 di damping oleh perangkat desa beserta masyarakat desa sebagai perwakilan dari setiap dusun. Rentetan acara dalam pembukaan adalah 1.Pembukaan 2.Pembacaan ayat suci al qur’an 3.Menyanyikan lagu Indonesia raya 4.Sambutan-sambutan 5.Pemotogan tumpeng sebagai bukti diterimanya kkn 56 utm di arosbaya 6.Penutupan 7.Doa 

Malam Penutupan KKN 56 UTM

Mahasiswa KKN kelompok 56 Universitas Trunojoyo Madura selama satu bulan melakukan pengabdian,pembelajaran dan perjalanan, beragam momen selama KKN menjadi kenangan tersendiri bagi mahasiswa dan masyarakat salah satunya adalah acara malam penutupan KKN. 
Susunan acara adalah pembukaan, pembacaan ayat suci al qur'an, diba'an, di susul dengan sambutan sambutan, dan satu acara inti yaitu wisuda para tahfidz. setelah itu pemberian cendera mata kepada masyarakat arosbaya, banjari, dan penutupan. 

P

Pameran Online Produk Unggulan KKN 56 UTM 

Petis merupakan makan khas yang sudah sangat dikenal di Madura, petis merupakan makanan olahan yang terbuat dari sari ikan segar tongkol, pindang, udang dan kepiting/ rajungan. Setiap daerah memiliki ciri khusus akan rasa petisnya, ada yang berasa manis dan asin, teksturnyapun beragam dari yang padat hingga encer. Desa arosbaya merupakan salah satu desa yang berada di Kabupaten Bangkalan, desa ini memproduksi dua jenis petis yaitu petis padat dan encer. Seiring dengan berjalannya waktu kebutuhan masyarakat terhadap petispun beragam, beberapa masyarakat menginginkan petis praktis sehingga mempermudah mereka yang ingin mengkonsumsi petis hanya dengan sekali “Krek” membuka tutup petis mereka sudah bisa langsung menikmatinya tanpa mengulek dan menambahkannya dengan cabe dan bumbu lainnya. Disinilah kami menjawab keingin masyarakat tersebut, kami kelompok KKN 56 memberikan pelatihan kepada masyarakat pengusaha petis untuk mengolah petis menjadi pet…