Skip to main content

PRODUK UNGGULAN ?

PRODUK UNGGULAN

Apa itu biochar?
Biochar merupakan bahan pembenah tanah berupa karbon hasil pembakaran dari limbah organik . Setelah kami melakukan survey lokasi , kami menemukan adanya masalah berupa limbah organik yang ada di desa Arosbaya, limbah organik tersebut berupa sekam padi yang dihasilkan oleh petani setelah melakukan penggilingan pada beras .
Banyaknya limbah sekam padi yang tidak terpakai dapat diolah menjadi pupuk arang sekam atau biochar .

Hal hal yang dibutuhkan untuk membuat biochar ( pupuk arang sekam ) antara lain : 

1. Sekam padi (bahan utama)
2. Sabut kelapa
3. Media pembakaran
4. Air
5. Seng
6. Kawat
7. Bambu

Proses Pembuatan Biochar 

1. Proses pembakaran sekam padi biasanya menimbulkan asap yang tebal. Oleh karena itu usahakan lokasi pembakaran berada jauh dari perumahan atau jalan, agar tidak mengganggu kenyamanan orang lain.
2. Usahakan alas tempat pembakaran terbuat dari lantai keras yang tahan panas. Jika tidak memungkinkan alas bagian bawahnya dengan seng atau sejenisnya, sebelum melakukan pembakaran. Hal ini dilakukan untuk memudahkan pengambilan arang sekam.
3. Buatlah api unggun seukuran silinder yang telah kita buat sebelumnya. Bahan bakarnya bisa dengan kertas koran, kayu bakar atau dedaunan Selanjutnya, nyalakan api, tutup api tersebut dengan silinder yang telah diberi cerobong asap.
4. Timbunlah ruang pembakaran silinder yang di dalamnya sudah ada nyala api dengan beberapa karung sekam padi. Penimbunan dilakukan sampai sekam padi menggunung ke atas setinggi kurang lebih 1 meter, dengan puncak timbunan cerobong asap menyembul keluar.
5. Setelah 20-30 menit berselang, atau ketika puncak timbunan sekam padi sudah menghitam, naikkan sekam yang masih berwarna coklat di bawah ke arah puncak. Ulangi, dan lakukan terus hingga keseluruhan sekam padi menghitam sempurna.
6. Setelah semua sekam rata menghitam, untuk menghentikan pembakaran siramlah dengan air hingga merata. Arang sekam akan berubah menjadi abu, apabila proses pembakarannya tidak dihentikan.
7. Setelah disiram dengan rata, suhunya akan menurun. Selanjutnya bongkarlah gunungan arang sekam, keringkan, masukkan ke dalam kemasan.




Biochar dari sekam padi mempunyai banyak manfaat bagi tanaman. Biasanya biochar dari arang sekam ini digunakan sebagai campuran pupuk kompos, bokashi, hingga media tanam dan media penyemaian. Selain itu manfaat lain dari biochar arang sekam yaitu mampu memperbaiki struktur fisik, kimia, hingga biologi tanah. Arang sekam juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan porositas tanah sehingga tanah tidak hanya menjadi gembur namun juga lebih mampu menyerap air. Tanah yang gembur adalah media yang baik bagi tumbuh dan berkembangnya organisme hidup, baik yang berupa mikroorganisme .

Cara pakai biochar dari sekam padi ini yaitu menggunakan tanah,  pupuk kandang dan biochar sekam padi dengan perbandingan 2 : 1 : 1

Comments

Popular posts from this blog

PEMBUKAAN KKN 56 UTM

PEMBUKAAN KKN 56 UTM 
Kelompok 56 UTM tahun ajaran 2018/2019 melakukan pembukaan dibalai desa Arosbaya pada hari Rabu, tanggal 02 Januari 2018 di damping oleh perangkat desa beserta masyarakat desa sebagai perwakilan dari setiap dusun. Rentetan acara dalam pembukaan adalah 1.Pembukaan 2.Pembacaan ayat suci al qur’an 3.Menyanyikan lagu Indonesia raya 4.Sambutan-sambutan 5.Pemotogan tumpeng sebagai bukti diterimanya kkn 56 utm di arosbaya 6.Penutupan 7.Doa 

Malam Penutupan KKN 56 UTM

Mahasiswa KKN kelompok 56 Universitas Trunojoyo Madura selama satu bulan melakukan pengabdian,pembelajaran dan perjalanan, beragam momen selama KKN menjadi kenangan tersendiri bagi mahasiswa dan masyarakat salah satunya adalah acara malam penutupan KKN. 
Susunan acara adalah pembukaan, pembacaan ayat suci al qur'an, diba'an, di susul dengan sambutan sambutan, dan satu acara inti yaitu wisuda para tahfidz. setelah itu pemberian cendera mata kepada masyarakat arosbaya, banjari, dan penutupan. 

P

Pameran Online Produk Unggulan KKN 56 UTM 

Petis merupakan makan khas yang sudah sangat dikenal di Madura, petis merupakan makanan olahan yang terbuat dari sari ikan segar tongkol, pindang, udang dan kepiting/ rajungan. Setiap daerah memiliki ciri khusus akan rasa petisnya, ada yang berasa manis dan asin, teksturnyapun beragam dari yang padat hingga encer. Desa arosbaya merupakan salah satu desa yang berada di Kabupaten Bangkalan, desa ini memproduksi dua jenis petis yaitu petis padat dan encer. Seiring dengan berjalannya waktu kebutuhan masyarakat terhadap petispun beragam, beberapa masyarakat menginginkan petis praktis sehingga mempermudah mereka yang ingin mengkonsumsi petis hanya dengan sekali “Krek” membuka tutup petis mereka sudah bisa langsung menikmatinya tanpa mengulek dan menambahkannya dengan cabe dan bumbu lainnya. Disinilah kami menjawab keingin masyarakat tersebut, kami kelompok KKN 56 memberikan pelatihan kepada masyarakat pengusaha petis untuk mengolah petis menjadi pet…