Skip to main content

P

Pameran Online Produk Unggulan KKN 56 UTM 


Petis merupakan makan khas yang sudah sangat dikenal di Madura, petis merupakan makanan olahan yang terbuat dari sari ikan segar tongkol, pindang, udang dan kepiting/ rajungan. Setiap daerah memiliki ciri khusus akan rasa petisnya, ada yang berasa manis dan asin, teksturnyapun beragam dari yang padat hingga encer. Desa arosbaya merupakan salah satu desa yang berada di Kabupaten Bangkalan, desa ini memproduksi dua jenis petis yaitu petis padat dan encer. Seiring dengan berjalannya waktu kebutuhan masyarakat terhadap petispun beragam, beberapa masyarakat menginginkan petis praktis sehingga mempermudah mereka yang ingin mengkonsumsi petis hanya dengan sekali “Krek” membuka tutup petis mereka sudah bisa langsung menikmatinya tanpa mengulek dan menambahkannya dengan cabe dan bumbu lainnya. Disinilah kami menjawab keingin masyarakat tersebut, kami kelompok KKN 56 memberikan pelatihan kepada masyarakat pengusaha petis untuk mengolah petis menjadi petis instan. 

Pelatihan tersebut diselenggarakan di salah satu rumah pengusaha petis yang dihadiri oleh 15 orang peserta. Pelatihan dilaksanakan dengan tiga sesi, sesi pertama adalah penyampaian materi, sesi kedua adalah tanya jawab dan sesi terakhir adalah praktek langsung pembuatan petis instan yang dicampur dengan cabe. Pelatihan ini berlangsung dengan penuh antusias dari para peserta.
            

Bahan Baku
  1. Petis
  2. Gula Merah 50 Gram/ 1 buah
  3. Garam Secukupnya
  4. Tepung Maizena
  5. Cabai Rawit Secukupnya
  6. 1 siung Bawang Putih
  7. Margarin/ Mentega
Alat:
  1. Kompor
  2. Wajan
  3. Pengaduk
  4. Pisau
  5. Telenan
  6. Piring
  7. Blender
  8. Dan Kemasan
Cara Pembuatan
1.      Potong kecil-kecil cabai dan bawang Putih
2.      Blender Sampai Halus
3.      Panaskan wajan dan tuangkan sedikit Margarin (Pengganti Minyak)
4.      Tumis Cabai yang telah di blender
5.      Masukkan Petis dan Aduk hingga Encer
6.      Tambahkan gula dan garam secukupnya untuk menambah rasa gurih
7.      Jika dirasa Kurang kental, tambahkan larutan tepung maizena dan air dengan perbandingan 1 sendok tepung 100 ml air.
8.      Masukkan dalam wajan, aduk hingga rata.
9.      Angkat adonan sambil diaduk-aduk
10.  Diamkan hingga dingin
11.  Kemudian kemas.
TUJUAN
Tujuan dari program kerja ini adalah untuk meningkatkan pengolahan petis serta memberikan inovasi dalam pengolahan, packaging dan pengawetannya.

MANFAAT
Manfaat dari program kerja ini diantaranya:
1.      Memberikan inovasi dalam pengolahan petis
2.      Memberikan pemahaman lebih mendalam mengenai pengawetan dan packaging






Comments

Popular posts from this blog

PEMBUKAAN KKN 56 UTM

PEMBUKAAN KKN 56 UTM 
Kelompok 56 UTM tahun ajaran 2018/2019 melakukan pembukaan dibalai desa Arosbaya pada hari Rabu, tanggal 02 Januari 2018 di damping oleh perangkat desa beserta masyarakat desa sebagai perwakilan dari setiap dusun. Rentetan acara dalam pembukaan adalah 1.Pembukaan 2.Pembacaan ayat suci al qur’an 3.Menyanyikan lagu Indonesia raya 4.Sambutan-sambutan 5.Pemotogan tumpeng sebagai bukti diterimanya kkn 56 utm di arosbaya 6.Penutupan 7.Doa 

Malam Penutupan KKN 56 UTM

Mahasiswa KKN kelompok 56 Universitas Trunojoyo Madura selama satu bulan melakukan pengabdian,pembelajaran dan perjalanan, beragam momen selama KKN menjadi kenangan tersendiri bagi mahasiswa dan masyarakat salah satunya adalah acara malam penutupan KKN. 
Susunan acara adalah pembukaan, pembacaan ayat suci al qur'an, diba'an, di susul dengan sambutan sambutan, dan satu acara inti yaitu wisuda para tahfidz. setelah itu pemberian cendera mata kepada masyarakat arosbaya, banjari, dan penutupan.