Skip to main content

Mas Pujang (Manis Puding Jagung)




Puding jagung ! siapa yang tidak suka dengan puding jagung? Puding jagung merupakan salah satu jenis puding yang dibuat menggunakan bahan baku jagung. Puding jagung kini telah banyak difavoritkan oleh masyarakat di seluruh Indonesia. Bahan baku yang digunakan untuk membuat puding jagung memang kaya akan serat sehingga menikmati sajian puding jagung mampu membuat perut menjadi kenyang. Selain kaya akan serat puding jagung juga begitu menyehatkan jika dikonsumsi secara teratur. Cita rasa puding yang enak dan nikmat juga mampu membuat penikmatnya menjadi ketagihan. Rasa manis dan tekstur puding yang sedikit agak kenyal memang banyak disukai berbagai kalangan. 

Bahan baku puding jagung
Bisnis puding jagung memang tidak dapat dijalankan tanpa menyiapkan bahan baku. Berbagai bahan baku yang digunakan dalam membuat puding jagung diantaranya meliputi jagung, gula pasir, garam, maizena dan santan. Diwaktu memilih bahan baku yang digunakan untuk mengolah puding jagung, maka perlu memilih bahan baku yang berkualitas supaya nantinya bisa menghasilkan puding jagung yang berkualitas. Dengan memproduksi puding jagung yang berkualitas maka bisa menarik minat dari banyaknya calon konsumen. Untuk mendapatkan bahan baku pembuatan puding jagung kini sudah bisa didapatkan di pasar tradisional maupun disupermarket bahkan juga disediakan di toko-toko.
Resep membuat puding jagung
Bahan – bahan :
  • Jangung manis / jagung biasa sebanyak 2 buah.
  • Santan sebanyak 800 ml.
  • Gula pasir sebanyak 6 sendok makan.
  • Tepung maizena sebanyak 3 sendok makan yang dilarutkan dengan air secukupnya.
  • Garam sebanyak 1 sendok teh.
  • Santan bubuk sebanyak 1 bungkus.
Cara Membuat Pungding Jagung:
Langkah awal membuat puding jagung yaitu dengan menyisir butiran jangung, kemudian blender bersama dengan santan hingga benar-benar halus.
 Masukan jagung serta santan yang sudah diblender tadi kedalam panci yang sudah ditambah air, kemudian tambahkan gula, dan garam. Masak hingga campuran puding tadi matang sempurna.
Tambahkan tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan air, kemudian masak kurang lebih 4 menit.
 
Angkat, tuangkan kedalam cetakan, kemudian dinginkan di dalam kulkas.





Comments

Popular posts from this blog

PEMBUKAAN KKN 56 UTM

PEMBUKAAN KKN 56 UTM 
Kelompok 56 UTM tahun ajaran 2018/2019 melakukan pembukaan dibalai desa Arosbaya pada hari Rabu, tanggal 02 Januari 2018 di damping oleh perangkat desa beserta masyarakat desa sebagai perwakilan dari setiap dusun. Rentetan acara dalam pembukaan adalah 1.Pembukaan 2.Pembacaan ayat suci al qur’an 3.Menyanyikan lagu Indonesia raya 4.Sambutan-sambutan 5.Pemotogan tumpeng sebagai bukti diterimanya kkn 56 utm di arosbaya 6.Penutupan 7.Doa 

Malam Penutupan KKN 56 UTM

Mahasiswa KKN kelompok 56 Universitas Trunojoyo Madura selama satu bulan melakukan pengabdian,pembelajaran dan perjalanan, beragam momen selama KKN menjadi kenangan tersendiri bagi mahasiswa dan masyarakat salah satunya adalah acara malam penutupan KKN. 
Susunan acara adalah pembukaan, pembacaan ayat suci al qur'an, diba'an, di susul dengan sambutan sambutan, dan satu acara inti yaitu wisuda para tahfidz. setelah itu pemberian cendera mata kepada masyarakat arosbaya, banjari, dan penutupan. 

P

Pameran Online Produk Unggulan KKN 56 UTM 

Petis merupakan makan khas yang sudah sangat dikenal di Madura, petis merupakan makanan olahan yang terbuat dari sari ikan segar tongkol, pindang, udang dan kepiting/ rajungan. Setiap daerah memiliki ciri khusus akan rasa petisnya, ada yang berasa manis dan asin, teksturnyapun beragam dari yang padat hingga encer. Desa arosbaya merupakan salah satu desa yang berada di Kabupaten Bangkalan, desa ini memproduksi dua jenis petis yaitu petis padat dan encer. Seiring dengan berjalannya waktu kebutuhan masyarakat terhadap petispun beragam, beberapa masyarakat menginginkan petis praktis sehingga mempermudah mereka yang ingin mengkonsumsi petis hanya dengan sekali “Krek” membuka tutup petis mereka sudah bisa langsung menikmatinya tanpa mengulek dan menambahkannya dengan cabe dan bumbu lainnya. Disinilah kami menjawab keingin masyarakat tersebut, kami kelompok KKN 56 memberikan pelatihan kepada masyarakat pengusaha petis untuk mengolah petis menjadi pet…