Kerajinan Tradisional Pande Besi Desa Arosbaya

Industri pande besi merupakan usaha pertukangan besi, diamana pada awalnya hanya untuk membuat senjata tradisional saja. Namun seiring berjalannya waktu usaha ini mulai merambah ke pembuatan alat-alat seperti mata tajak, pisau sembelih dan lain sebagainya yang bisa dikomersilkan untuk keperluan rumah tangga. Industri pande besi merupakan suatu usaha perorangan yang bergerak di bidang pertukangan besi
pak nono pande besi
pak nono, panggilan yang familiar
Mendengar kata Madura pasti yang terlintas pertama kali di pikiran kita yaitu watak keras dan clurit. Di desa Arosbaya, tepatnya di dusun Pandian terdapat usaha pande besi yang digeluti oleh Pak Mulyono, tidak hanya clurit usaha pande besi yang dia lakoni juga menghasilkan pisau, calok, parang, cangkul, dan lain sebagainya. Pengusaha yang kini berumur 50 tahun itu menuturkan bahwa dulu sebelum menggeluti usaha pande besi ini tepatnya ketika masih berumur 20 tahun beliau menjadi supir akan tetapi karena pribadi beliau itu tidak suka diperintah dan menilai usaha pande besi ini lebih menjanjikan penghasilannya maka beliau berhenti menjadi supir dan mulai menggeluti usaha andai besi ini.

Clurit pande besi desa Arosbaya
Buah tangan pak nono dari Desa Arosbaya
Banyak faktor yang bisa mempengaruhi proses produksi pande besi Pak Mulyono ini, diantaranya kesehatan, permintaaan konsumen, dan bahan baku. Untuk pemasaran sendiri itu macam macam, ada konsumen yang datang lalu minta dibuatkan ditempat, ada juga yang di lepas ke pasar. Seperti pengusaha pada umumnya, Pak Mulyono memperoleh keahlian dan keterampilan dalam membuat pande besi ini dari orang tuanya (turun temurun). Salah satu cara untuk meningkatkan produksi industri pande besi yaitu dengan melakukan pembinaan terhadap masyarakat tempat industri pande besi itu berada, agar nantinya usaha pande besi di desa Arosbaya ini makin efisien dan mampu berkembang secara mandiri serta mampu meningkatkan perannya dalam penyediaan barang dan jasa dan juga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dan meluaskan sentral sentral industri.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bongko, Makanan Tradisional Khas Desa Arosbaya.

Pembuatan Peta PUS

Sosialisasi Pola Asuh Anak