Produksi Krupuk Singkong Arosbaya

Sabtu, 16 Juli 2016 | 02.00 PM

     Di desa Seger tepatnya dirumahnya ibu Sahriyah, Produsen Krupuk singkong Arosbaya sedang melakukan rutinitas biasa. Singkong yang sebelumnya sudah di jemur selama kurang lebih 6 jam selanjutnya akan melalui proses penggorengan.
     Saat itu kebetulan saya dan anggota KKN 86 yang lain mengunjungi rumah Ibu Sahriyah pada Jam 14.00. pada saat itu Ibu Sahriyah sedang menghitung jumlah krupuk mentah yag sudah di jemur untuk di jual. Ternyata saat itu krupuk singkong ibu Suhriyah sudah dipesan oleh beberapa tetangganya.
     Sementara itu kita membantu proses pengangkatan krupuk dari jemuran yang kemudian di goring di tungku api yang bahan dasarnya adalah kayu bakar. Dengan api panas dan minyak gorang kurang lebih 2 liter di atas wajan, proses penggorengan krupuk singkong Arosbaya dilakukan.
     Selanjutnya, krupuk singkong yang sudah matang kami coba menambahkan bumbu dengan rasa balado dan kami kemas dengan label yang sudah kami buat. Hasilnya memuaskan, selain ibu Sahriyah yang mencicipi, beberapa anak kecik di lingkungan ibu Sahriyah yang mencoba melihat proses pembuatannya juga merespon baik. “Enak” kata salah seorang mereka.
     Dari situ, selanjutnya kami mencoba membuat 6 kemasan. Dengan dua kemasan krupuk mentah dan 4 kemasan krupuk singkong yang sudah digoreng dan diberi bumbu rasa balado. Ibu Sahriyahpun merasa senang dan antusias melihat pengembangan dari produsinya.
(GAMBAR)
     Sore sekitar jam 04.30 PM kami pulang ke tempat. Disitu kami mengajak seluruh anggota KKN 86 untuk mulai mempromosiannya melalui media online dan social media. Hasilnyapun mengejutkan. Ternyata sudah ada beberapa order dengan jumlah yang tidak sedikit.
ALHAMDULILLAH. Semoga selanjutnya bisa dikembangkan lagi dan bermanfaat.


Begitulah salah satu perjalan kami di hari kedua… J

#KKN86 #KrupukSingkongKrisbaya

Be Continue

Comments

Popular posts from this blog

Bongko, Makanan Tradisional Khas Desa Arosbaya.

Sentra Usaha Pengolahan Petis & Pindang

Penerimaan Peserta KKN Tematik Universitas Trunojoyo Madura Di Kantor Kecamatan Arosbaya