Program Kerja Pengembangan Pemasaran Krupuk Singkong Khas Arosbaya

Kamis, 15 Juli 2016

Sebanyak 10 anggota KKN 86 yang sudah dibagi tugas sebelumnya mendatangi salah satu rumah warga di dusun seger yang mempunyai usaha produksi Krupuk Singkong Khas Arosbaya. kebanyakan masyarakat menyebutnya krupuk buhung. pada saat melakukan kunjungan untuk mengkoordinasikan perihal agenda program kerja dari kelompok kami, warga disekitar menyambutnya dengan baik. selama proses sharing ada beberapa hal informasi yang kami peroleh dari Ibu Suhriyah.
1. Pembelian bahan dasar singkong diperoleh dari desa Plakaran.
2. Ibu Suhriyah setiap harinya membeli singkong seharga 100 ribu sebanyak satu karung, yang apabila dikupas akan memperoleh dua ember besar singkong.
3. Jam 2 Pagi Ibu Suhriyah mulai mengolah Singkong yang nantinya akan di jual kepasar di daerah desa Arosbaya. mulai dari merebus singkong, mencampurnya dengan bumbu, membentuknya menjadi segi empat kemudia di tata pada tempat penjemuran yang sudah di sediakan.
4. Jam 7 Pagi Hingga jam 12 Siang Singkong di jemur hingga kering (jika mendung proses menjemuran lebih lama lagi)
5. Pada sore hari jam 4, dilakukan proses penggorengan krupuk singkong
6. Jam 7 Pagi keesokan harinya, Krupuk Singkong dipasarkan ke pasar Tradisional Desa Arosbaya.
7. seterusnya stiap hari dilakukan proses pembuatan hingga penjualn krupuk singkong khas arosbaya. Selain itu pemanfaatan pada Singkong tidah hanya pada buah singkong, melainkan kulit dari hasil pengupasan singkong rencananya akan kami gunakan untuk pembuatan pupuk (sebelumnya digunakan untuk makan kambing oleh warga sekitar).

 

begitulah agenda pagi pada Hari Pertama KKN setelah keberangkatan dari UTM Rabu Kemarin.

Be Continue... :)

KKN 86 BISA!!!

Comments

Popular posts from this blog

Bongko, Makanan Tradisional Khas Desa Arosbaya.

Sentra Usaha Pengolahan Petis & Pindang

Pembuatan Peta PUS